Sabtu, 29 April 2017

Teks Diskusi beserta contoh

Pengertian Teks Diskusi
Teks diskusi adalah teks yang membicarakan atau membahas suatu topik dari brbagai aspek untuk memberikan sudut pandang, cakrawala yang berbeda dan lebih luas.

Struktur Teks Diskusi : 

  1. Isu/masalah/topik
  2. Argumen
  3. Simpulan
  • Isu, berisi pernyataan pembuka yang umumnya dimuat isu tentang topik yang akan didiskusikan. Isu dapat berupa pernyaatan umum/pernyataan tentang topik yang akan didiskusikan.
  • Argumen, argumen atau pendapat digunakan untuk mendukung atau menolak pernyataan atau pendapat dalam diskusi. Argumen ini dibagi menjadi dua,yaitu : argumen mendukung dan argumen menentang.
  • Simpulan, simpulan mengungkapkannya pendapat akhir yang dirumuskan dari serangkaian argumen yang telah dikemukakan.
Tujuan teks diskusi : 
  • Mencari kesempatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut diskusi kelompok.
Fungsi Teks Diskusi :
  1. Pemecahan masalah
  2. Mengembangkan pribadi, harga diri, hormat kepada sesama, berani mengatakan pendapat dan mendalami pengertian tentang suatu persoalan
  3. Memberikan sudut pandang,wawasan, cakrawala yang berbeda dan lebih luas tentang topik tertentu kepada para pendengar/peserta diskusi atau pembaca.
Jenis Teks Diskusi :
  1. Seminar
  2. Serasehan
  3. Simposium
  4. Diskusi panel
  5. Kongres
  6. Muktamar
  7. Lokakarya
Contoh Teks Diskusi :

Dampak Transportasi bagi Kehidupan Sehari-hari

  • Isu :
     Selama ini transportasi telah membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari. Di era ini, transportasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat sehingga transportasi memiliki peran yang penting dalam kehidupan. Walaupun mereka yang tidak memiliki transportasi pribadi, mereka dapat menggunakan transportasi yang kini semakin berkembang dikhalayak luas. Transportasi membuat manusia menjadi lebih dimudahkan dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari. Kemudahan yang kita dapatkan itu tidak terlepas dari dampak yang ditimbulkan, baik dampak positif maupun negatif.

  • Argumen mendukung:
     Adanya transportasi banyak memberikan pengaruh positif, diantaranya memudahkan manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Masyarakat yang biasanya kerja dengan lokasi yang berada jauh dari rumah, tentunya sangat menyita waktu. Tidak jarang dari mereka menyewa rumah untuk tenpat tinggal sementara. Dengan adanya kendaraan, masyarakat tidak perlu direpotkan lagi oleh hal seperti penyewaan rumah.
     Selain itu, transportasi juga dapat memperlancar kegiatan ekonomi mayarakat, karena transportasi dapat mengantarkan barang dari jarak dekat maupun jarak jauh. Anak sekolah kini banyak yang menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah dengan biaya yang lebih terjangkau daripada masyarakat umum.

  • Argumen menentang :
     Ada banyak manfaat positif yang kita dapat dari transportasi. Namun transportasi umum juga memiliki pengaruh negatif, seperti kemacetan di jalan raya. Kemacetan tersebut terjadi karena adanya pengguna jalan yang melanggar tata tertib lau lintas, seperti para supir angkutan yang menunggu penumpang di sembarang tempat yang tidak diperbolehkan untuk berhenti hal ini dapat memperparah kemacetan di jalan raya.
     Pengaruh negatif lainnya adalah kecelakaan. Terdapat banyak pengguna jalan yang melanggar tata tertib, contohnya pengguna jalan yang menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api. Selain itu, juga ada anak dibawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan diri sendiri karena anak tersebut belum cukup umur dan mental yang belum matang.

  • Simpulan : 
     Untuk mencegah timbulnya pengaruh negatif dari transportasi. Di harapkan bagi semua pihak baik orang tua, pennguna jalan, maupun siswa sendiri untuk bersama – sama mencegah timbulnya pengaruh negatif dari transportasi. Selain itu, di harapkan kepada anak – anak yang belum cukup umur agar tidak mengendarai kendaraan bermotor apabila belum cukup umur. Juga para orang tua seharusnya meningkatkan pengawasan kepada anak anaknya agar tidak mengendarai kendaraan bermotor. Pemerintah diharapkan juga lebih tegas menetapkan peraturan lalu lintas untuk meminimalisir dampak negatif dari transportasi.


Semoga bermanfaat:)
Oke, sekian terima kasih..

1 komentar: